Ilmu Hukum dan Kedokteran Forensik

FH UM Sumbar- Fakultas Hukum UM Sumbar adakan kuliah Pakar dengan tema Peran Kedokteran Forensik Dalam Penegakan Hukum di Indonesia pada Jumat 30 Desember 2022 di Convention Hall Yunahar Ilyas Kampus III UM Sumbar.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Narasumber dr. Rosmawaty, M.Ked (For)., SpFm dan rombongan yang merupakan dokter Forensik RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi, Wakil Dekan Fakultas Hukum UM Sumbar, Dr. Nuzul Rahmayani, SH., MH, Ka-Prodi Ilmu Hukum Mahlil Adriaman, SH., MH, Dosen, Karyawan dan Mahasiswa Fakultas Hukum UM Sumbar. Kegiatan bersifat hybrid yakni daring dan luring.

Dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan ini, Wakil Dekan Fakultas Hukum menyampaikan rasa terimakasih kepada narasumber karena dalam padatnya kegiatan, beliau masih menyempatkan untuk hadir secara langsung bersama kita di Hall kampus III UM Sumbar. Permintaan maaf juga disampaikan dari Dekan Fak. Hukum Dr. Wendra Yunaldi, SH., MH Yang tidak bisa hadir bersama pada kegiatan ini karena ada acara yang harus dihadiri diluar kota.

Kesempatan yang sangat luar biasa kita bisa mengadakan kegiatan kuliah pakar kali ini, karena kedokteran forensik merupakan salah satu aspek penting dalam hukum saat ini. Peran kedokteran forensik dinilai sangat penting dalam menyingkap fakta pada sebuah tindak pidana, baik tindak pidana kekerasan, Pembunuhan, dan lainnya, tutur beliau.

Nyawa seseorang dalam hukum pidana merupakan sangat penting karena erat kaitannya denga Hak Asasi Manusia. Adalah sebuah kewajiban dari sebuah negara untuk melindungi HAM sehingga negara juga wajib menyingkap fakta yang terjadi dibalik sebuah tindak pidana, Tutup Wadek Hukum.

Fakultas Hukum UM Sumbar terus berupaya maksimal dalam memberikan pencerahan dan penyuluhan kepada mahasiswa terhadap perkembangan ilmu yang berkaitan dengan hukum. Salah satunya pada bidang kedokteran forensik yang erat kaitannya dengan hukum pidana maupun perdata. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai Kedokteran Forensik dan mahasiswa dapat memahami terkait peranan dari Kedokteran Forensik guna tegaknya hukum di Indonesia.

-ulya-

SHARE KE: