• Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi

  • Telp / Fax(0752) 625737

  • Email info@umsb.ac.id

Webinar Nasional series 2 Demokrasi Suara Rakyat di Era New Normal

Bukittinggi , Humas UMSB - Bagaimana nasib suara rakyat pada pilkada serentak 2020 yang terkesan dikebut  pada era new normal sekarang ini. Pada tahun 2020 akan diakan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak di sejumlah Wilayah Indonesia, termasuk di Sumatera Barat.

Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat mengadakan Webinar Nasional dengan tema “Demokrasi Suara Rakyat di era New Normal”  diadakan oleh pimpinan komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Mu’adz Bin Jabal Cabang Bukittinggi bersama Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Webinar Nasional diadakan live melalui Zoom Meeting ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dan peserta umum dilaksanakan  pada hari senin 22 Juni 2020 pukul  20.00 Wib.

Kegiatan ini didukung langsung oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Bukittinggi dan Bawaslu Kota Bukittinggi, dengan pengantar yang disampaikan oleh Dr. Sukmareni, SH. MH Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya yaitu Edi Askar, SH. MH Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Yuliza Anggraini, S.ST. M.Keb, Kaprodi Kebidanan Fakultas Kesehatan dan MIPA Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat serta narasumber Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi Heldo Aura S.Si., M.IP dan Komisioner Bawaslu Kota Bukittinggi Asneli Warni SH. MH.

Pada saat pandemi covid19 memasuki era new normal bukan berarti virus corona sudah tidak ada lagi, saat bersamaan tahap-tahapan pilkada mulai dilakukan walaupun beberapa tahapan sudah diundur untuk pelaksanaannya tetapi tahapan pilkada serentak di Sumatera Barat memilih kepada daerah seperti Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Memasuki tahapan pemilu tatapan muka dengan masyarakat umum merupakan hal yang sangat rentan terhadap penyebaran Covid 19, oleh karena itu KPU sudah mempersiapkan peraturan baru untuk mempersiapkan setiap tahapan Pilkada yang sesuai dengan keadaan sekarang.