• Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi

  • Telp / Fax(0752) 625737

  • Email info@umsb.ac.id

Pendaftaran SBM-PTMu Segera dibuka Tingkat PTM se Indonesia

Foto bersama seluruh PTM dan ketua Majelis Diktilitbang seusai rapat SBM-PTMu di gedung Pertemuan UMY

[HUMAS–UMSB]. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat hadiri pertemuan rapat rencana penyelenggara Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Muhammadiyah ( SBM-PTMu) se Indonesia, rapat ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada Kamis (14/3/2019).

Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Lincolin Arsyad selaku Ketua sepakat didalam penerimaan mahasiswa baru tingkat Perguruan tinggi muhammadiyah se Indonesia akan melaksakan SBM-PTMu yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari pada perguruan tinggi muhammadiyah, menjalin kebersamaan antar PTM dan  yang terpenting sekali dengan adanya SBM-PTMu ini maka perguruan tinggi muhammadiyah yang belum mapan atau masih tertinggal dari PTM lain seperti UMM, UAD, UMY, UHAMKA dll, akan diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia sehingga PTM yang tertinggal tersebut kedepan bisa lebih maju, Ujarnya”.

Pada rapat kali ini dari UMSB, Rektor Dr. Riki Saputra menugaskan bagian Humas/ UPT.PPMB UMSB atas nama Mulyadi, S.Hut untuk mengahadiri acara tersebut, untuk diketahui bersama Muhammadiyah memiliki 176 PTM dan saat ini tinggal sebanyak 171 PTM karena beberapa PTM digabungkan dengan PTM yang lain dan pada rapat kamis kemarin yang mengkonfirmasi sebanyak ± 50 orang namun yang hadir ialah sebanyak ± 45 PTM se Indonesia, dan kebanyakan yang hadir dari PTM lain ialah  dari  kabiro, Wakil Rektor dan  langsug rektornya sendiri yang hadir.

Hasil rapat SBM-PTMu di UM, beberapa pembahasan telah disepakati yaitu pertama untuk panitia difokuskan kepada PTM yang ada dipusat, yang kedua seluruh prodi di seluruh PTM dapat diikutsertakan di SBM-PTMu ini, ketiga seluruh PTM harus mempersiapkan TIM IT dan kasiapan dari jumlah komputer di masing-masing PTM, selanjutnya dibagi untuk dua kelompok yaitu KU-KG dengan memilih 3 pilihan prodi biaya pendaftaran Rp 750.000 dan non KU-KG dengan 4 pilihan prodi biaya pendaftaran Rp 300.000, kelima  tanggal tes untuk kedua kelompok berbeda, keenam ada pembatasan kuota untuk  PTM yang besar maksimal 10 persen, ketujuh akan diadakan press conference untuk SBM-PTMu, selanjutnya pendaftaran akan dimulai tanggal 29  April 2019, dan akan dibuat form isian untuk masing-masing panitia local  di PTM yang terkait prodi yang ikut dalam SBM-PTMu. [M/H]